Berat badan lahir dengan ikterus

Margono Soekardjo Purwokerto pada bulan Januari sampai dengan bulan Desember terdapat 98 bayi meninggal dari kelahiran hidup. Pada tingkat ini ditemukan bradikardi dan penurunan tekanan darah. Kebersihan badan mencakup kebersihan hidung, mata, telinga, kulit dan bahkan tali pusar sekitar umur minggu.

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara bayi berat lahir rendah dengan kejadian hiperbilirubinemia di RSUD Prof. Keadaan yang sering ditemukan adalah apabila terdapat penambahan beban bilirubin pada sel hepar yang berlebihan.

Kemudian penilaian kadar bilirubin dari tiap-tiap nomor disesuaikan dengan angka rata-rata didalam gambar di bawah ini: BBLSR berkaitan dengan tingginya angka kematian bayi dan balita, juga dapat berdampak serius pada kualitas generasi mendatang, yaitu akan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan anak, serta berpengaruh pada penurunan kecerdasan Depkes RI, Orang tua mengerti tentang perawatan, dapat mengidentifikasi gejala-gejala untuk menyampaikan pada tim kesehatan.

Selain itu dapat juga melakukan pengecekan pada saluran pernapasan, karena dikhawatirkan dapat terserang infeksi akur seperti infeksi saluran pernapasan bagian atas, rinitis peradangan pada hidung atau otitis infeksi telinga sehingga memerlukan konsultasi dokter.

Berbagai parameter stimulasi perlu dipertimbangkan termasuk jumlah, tipe, waktu, pola, kualitas stimulasi serta faktor risiko yang ada. Perawat tersebut melihat bahwa bayi yang mendapatkan sinar matahari di bangsalnya ternyata ikterusnya lebih cepat menghilang dibandingkan dengan bayi lainnya.

Dengan perawatan sementara di polindes, maka melakukan rujukan penderita merupakan sikap yang paling tepat.

Pada derajat tertentu bilirubin ini akan bersifat toksik dan merusak jaringan tubuh. Usia Angka kejadian prematuritas tinggi pada usia ibu dibawah 20 tahun, pada multigravida yang jarak antara dua kehamilannya terlalu dekat, kejadian terendah ialah pada usia ibu antara tahun. Alat kelamin: Genetalia belum sempurna, labia minora belum tertutup oleh labia mayora pada wanitadan testis belum turun pada laki laki.

Bayi pada resiko terjadi kern Ikterus Transfusi pengganti digunkan untuk: Hiperbilirubinemia a. Kerentanan terhadapa infeksi disebabkan oleh kadar imunoglobulinserum pada bayi BBLR masih rendah, aktifitas bakterisidal neotrofil, efek sitotoksik limfosit juga masih rendah dan fungsi imun belum berpengalaman.

Etiologi Etiologi hiperbilirubin antara lain: Pelebaran sigmental, mungkin mendorong lebih jauh timbulnya kerusakan vaskuler mengingat keutuhan endotel dapat terganggu oleh segmen pembuluh darah melebar dan terenggang.

Asuhan Keperatan Pada Bayi Berat Badan Lahir Rendah

Tali pusat dipotong 5 cm dari dinding perut bayi dengan gunting steril dan diikat dengan pengikat steril. Moore, E.

Beri suhu lengkungan yang netral b.Bayi yang lahir dengan berat badan lahir sangat rendah (BBLSR) memerlukan perawatan yang tepat agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan bayi seperti yang telah disebutkan diatas.

Bidan dan perawat adalah bagian dari pemberi pelayanan yang ikut berperan penting dalam memberikan perawatan pada bayi dengan berat lahir sangat rendah (BBLSR). Istilah prematuritas telah diganti dengan berat badan lahir rendah (BBLR) karena terdapat dua bentuk penyebab kelahiran bayi dengan berat badan kurang dari gr, yaitu karena umur hamil kurang dari 37 minggu, berat badan lebih rendah dari semestinya, sekalipun.

Dismaturitas a dalah bayi lahir dengan berat badan kurang dari berat badan seharusnya untuk masa gestasi itu.

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Berarti bayi mengalami retardasi pertumbuhan intrauterin dan merupakan bayi yang kecil untuk masa kehamilannya (KMK).Author: Nahla Jainuddin. Secara umum fototerapi harus diberikan pada kadar bilirubin indirek mg/dl. Noenatus yang sakit dengan berat badan kurang dari gram harus difototerapi dengan konsentrasi bilirubin 5 mg/dl.

Beberapa ilmuwan mengarahkan untuk memberikan fototerapi profilaksasi pada 24 jam pertama pada bayi resiko tinggi dan berat badan lahir rendah. Banyak bayi lahir, terutama bayi kecil (bayi dengan berat badan ikterus pada minggu pertama hidupnya.

Karena kurang sempurna nya alat-alat dalam tubuhnya baik anatomik maupun fisikologik maka mudah timbul beberapa kelainan diantaranya immatur hati. Bayi baru lahir normal adalah bayi yang lahir dari kehamilan 37 minggu sampai 42 minggu dan berat badan lahir antara sampai dengan gram (Djitowiyono, ; h.

60).Author: Wiwied Rahma.

Berat badan lahir dengan ikterus
Rated 4/5 based on 96 review