Makalah diet pada lansia dengan kasus kekurangan gizi

Kebutuhan kalori pada lansia berkurang karena berkurangnya kalori dasar dari kebutuhan fisik. Ada beberapa macam teori yang berkaitan dengan proses penuaan menurut Darmojdo, antara lain Teori Genetik Clock, menurut teori ini proses menua telah terprogram oleh waktu secara genetik untuk spesies atau jenis tertentu.

Apabila terjadi kekurangan atas kelengkapan salah satu zat gizi tertentu pada satu jenis makanan, akan dilengkapi oleh zat gizi serupa dari makanan yang lain.

Gangguan ini dapat menyebabkan munculnya penyakit atau terjadi sebagi akibat adanya penyakit tertentu. Sebab-sebab yang melandasi kondisi ini adalah: Dijelaskan dalam Firman Allah QS. Bagaimana Perubahan fisiologis pada lanjut usia yang berkaitan dengan kebutuhan zat gizi? Menjaga kebersihan Lansia harus menjaga kebersihan tubuh, kebersihan lingkungan, kebersihan ruangan dan juga pakaian dimana dia tinggal.

Sayuran dan buah hendaknya dikonsumsi secara teratur sebagai sumber vitamin, mineral dan serat. Untuk mengetahui resiko penyakit penyerta pada lansia penyakit degenerative 1. Selain masalah kekurangan gizi,masalah obesitas kegemukan juga sering dialami oleh usia lanjut.

Penyakit system kardiovaskuler pada usia lanjut:

Bagi orang dewasa yang bekerja tidak terlalu berat, kebutuhan tubuh rata-rata akan karbohidrat antara 8 sampai 10 gram untuk tiap kilogram berat badan setiap hari. Sejumlah kecil air dihasilkan oleh metabolisme. Kedua, zat pembangun.

Metabolisme basal menurun 3. Kekurangan zat gizi laing yang banyak muncul adalah defisiensi besi dalam bentuk anemia gizi, defisiensi B1 dan B Sayangnya, nafsu makan mereka cenderung terus menurun.

Kalori Kebutuhan akan kalori menurun sejalan dengan pertambahan usia, karena metabolisme seluruh sel dan kegiatan otot berkurang 2. Minumlah air yang bersih, aman, dan cukup jumlahnya dan telah didihkan.

Untuk mengetahui perubahan fisiologis pada lanjut usia yang berkaitan kebutuhan zat gizi. Pembuatan makalah ini bertujuan untuk memahami tentang gizi kurang. Usia lanjut elderly usia tahun 3.

Perubahan anatomi dan fisiologi Menua aging meruakan proses normal yang dimulai sejak konsepsi dan berakhir saat kematian.

Gizi Pada Lansia

Minum air putih cc gelas sehari 9. Tujuan Khusus a. Dalam bahan makanan, zat pembangun ini mengandung protein. Masalah gigi sering dialami lansia, seperti gigi tanggal, gigi berlubang, dan gigi palsu yang tidak nyaman. Zat-zat gii tertentu dapat dievaluasi statusnya melalui pemeriksaan biokimiawi seoerti vitamin A, besi, iodium protein dan sebagainya.

· Dari kasus gizi buruk tersebut, tergolong gizi buruk dengan gejala klinis yaitu Marasmus 16 kasus, Kwashiorkor 1 kasus dan Marasmus + Kwashiorkor 4 kasus. Busung Lapar Busung lapar atau bengkak lapar dikenal jiga dengan istilah Honger Oedeem (HO). Ø Penurunan indera penglihatan akibat katarak pada lansia sehingga dihubungkan dengan kekurangan vitamin A, vitamin C dan asam folat.

Sedangkan gangguan pada indera pengecap dihubungkan dengan kekurangan kadar Zn yang juga menyebabkan menurunnya nafsu makan. Penurunan indera pendengaran terjadi karena adanya kemunduran fungsi sel syaraf pendengaran.

Kekurangan protein murni pada stadium berat menyebabkan Kwasiorkor pada anak-anak dibawah lima tahun (balita).

makalah gizi lansia

Kekurangan protein sering ditemukan secara bersamaan dengan kekurangan energi yang menyebabkan kondisi yang dinamakan Marasmus. · Makalah gizi diet tentang penyakit DM.

No comments. BAB I.

PENDAHULUAN. A. Latar Belakang. Diabetes mellitus merupakan salah satu masalah kesehatan yang besar. Data dari studi global menunjukkan bahwa jumlah penderita diabetes mellitus pada tahun telah mencapai juta orang di dunia (IDF, ).

Di provinsi DKI Jakarta, kotamadya Jakarta barat merupakan salah satu kota dengan. Kelebihan gizi pada lansia biasanya berhubungan dengan afluency denga ngaya hidup pada usia sekitar 50 tahun. Dengan kondisi ekonomi yang membaik dan tersedianya berbagai makanan siap sji yang enak dan kaya energi.

Utamany sumber lemak, terjadi asupan makan dan zat-zat gizi melebihi kebutuhan tubuh. Keadaan kelbihan gizi yang dimulai pada awal usia 50 tahun-an ini akan membawa lansia pada. Dengan pertimbangan-pertimbangan dan alasan itulah, maka dalam makalah ini akan dibahas tentang gizi makro dan gizi mikro yang terdapat dalam berbagai bahan pangan (makanan dan minuman) yang dikonsumsi sehari-hari.

Makalah diet pada lansia dengan kasus kekurangan gizi
Rated 4/5 based on 64 review