Menghitung dosis dengan berat badan

Ada sejumlah rumus yang bisa dipakai untuk menentukan dosis tersebut. Obat tetes telinga diberikan untuk mengatasi infeksi telinga atau untuk menghancurkan kotoran yang mengeras didalam liang telinga. Human Health and Function, 3rd Ed. Metronidazole injeksi 3 dd x mg. Cairan enema terdiri dari gliserin cair, sejumlah mL dan dibiarkan sebentar sekitar 5 — 10 menit, sebelum akhirnya klien merasa ingin defekasi.

Tersedia dalam bentuk lembaran. Setelah menghitung dosis dari obat tablet selanjutnya kita membahas menghitung dosis obat syrup, caranya menggunakan rumus dibawah ini.

Order dokter 0,05 mikrogram tetapi sediaan obat ialah mg. Adapun proses pendekatan dasar yang dipakai pada saat menghitung dosis obat untuk anak-anak dan bayi yakni sebagai berikut: Lippincott Pub. Nah ada juga cara memberikan obat menggunakan alat bantu biasanya pemberian ini melaui infus pump atau syringe pump.

Lembaran obat tersebut dibuat dengan membran khusus yang membuat zat obat menyerap perlahan kedalam kulit. Lakukan validasi ulang terhadap obat sebelum melakukan pemberian obat.

Dosis, cara minum dan berapa kali maksimal dalam sehari biasanya sudah tercantum dalam bungkus obat umum atau obat-obatan yang dijual bebas yang kita bisa beli di warung-warung biasa maupun di supermarket tanpa harus ke apotik. Peralatan yang khusus diperlukan untuk menunjang pemberian obat parenteral, sehingga membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan pemberian obat dengan cara yang lain.

Perawat anestesi memberikan obat-obatan anestesi melalui mesin respiratori yang tersedia di ruangan operasi. Daftar Pustaka Craven, RF. Sediaan obat Metronidazole injeksi untuk setiap mL adalah mg.

Seorang apoteker harus mempunyai keahlian khusus untuk meracik obat serbuk. Kondisi tersebutlah yang dikarenakan oleh organ-organ pada tubuh anak seperti susunan saraf pusat, ginjal dan hepar masih cukup labil serta belum dapat berfungsi dengan sempurna, sehingga proses penentuan dari dosis obat haruslah benar-benar disesuaikan dengan kondisi anak dan bayi tersebut.

Menentukan dosis obat memang tidak boleh sembarangan karena berhubungan dengan efek obat maupun efektifitas obat yang diberikan kepada penderita.

Pemberian Topikal Pemberian obat secara topical adalah pemberian obat dengan cara mengoleskan obat pada permukaan kulit atau membran mukosa, dapat pula dilakukan melalui lubang yang terdapat pada tubuh anus. Cara Menghitung Dosis Obat Sakit merupakan hal yang tidak pernah direncanakan di dalam hidup ini, ketika kita sudah sakit baik itu yang masih muda maupun tua pasti akan mengunjungi rumah sakit untuk berobat.

Jika tidak mengerti sama sekali tentang farmakologi sebaiknya tidak mencoba-coba menentukan dosis obat sendiri jika tidak sangat terpaksa karena tidak ada yang bisa dihubungi sementara kondisi darurat.

Kesalahan pemberian obat dapat terjadi ketika dalam situasi: Pemakaian beberapa obat seperti insulin atau heparin dicatat dalam lembar tersendiri, sehingga dapat dimonitor regimen pengobatan yang diberikan kepada klien baik oleh tim medis maupun perawat.

Bersihkan dan tepuk-tepuk perlahan pada area yang diberikan salep. Implementasi dan Tindak Lanjut Tindak lanjut atau monitoring yang dapat dilakukan adalah: Demikian pembahasan mengenai cara menghitung dosis obat dengan cepat dan benar sesuai ilmu apoteker.

Obat ini berbentuk serbuk dan harus dilarutkan menggunakan air sebelum dikonsumsi melalui intravena. Kesalahan pada Medikasi Kesalahan yang sering timbul pada regimen medikasi antara lain disebabkan oleh: Dapatkan berbagai macam informasi terkait dengan cara menghitung dari berbagai disiplin ilmu yang mungkin Anda butuhkan.

Kesalahan dosis obat dapat terjadi bila tim medis memberikan obat yang tidak sesuai dengan klien, apoteker salah mengeluarkan jumlah obat, perawat salah memberikan dosis obat, perawat atau asisten perawat salah menuliskan kembali obat-obatan yang diresepkan oleh tim medis.

Dosis adalah takaran obat yang diberikan kepada pasien yang dapat memberikan efek farmakologis khasiat yang diinginkan. Sediaan obat adalah adalah mg.

Cara menghitung dosis obat tablet atau pil Obat tablet merupakan jenis obat yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, biasanya obat jenis ini memiliki bentuk bulat atau lonjong yang dapat dimasukkan langsung ke dalam mulut tanpa harus di kunyah. Obat yang biasa digunakan untuk pemberian obat topical pada kulit adalah obat yang berbentuk krim, lotion, atau salep.

Cara Menghitung Dosis Obat dengan Cepat dan Benar

Bagikan Artikel ini. Dosis Maksimal maximum berlaku untuk pemakaian sekali dan sehari.Dosis obat yang diberikan pada anak-anak dihitung berdasarkan berat badan anak atau luas permukaan tubuh anak. Kebanyakan obat-obat tersebur diproduksi khusus untuk anak sehingga tidak dihitung dengan cara yang sama pada orang dewasa.

Perhatikan ukuran dan laju metabolisme pada anak, kaena hal ini sangat berpengaruh pada reaksi terapi obat yang diharapkan.

Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Cepat Dan Tepat

Observasi selalu Author: Antoni. Menghitung Dosis Obat – Pada ulasan kali ini kita akan belajar bagaimana cara menghitung dosis obat untuk bayi, anak, dan dewasa.

Seperti yang kita ketahui bahwa dosis adalah takaran obat yang diberikan dokter kepada pasien yang dapat memberikan efek farmakologis (khasiat) yang vsfmorocco.com: Menghitung. Seorang dokter anak tentunya harus tau bagaimana cara menghitung dosis obat puyer pada anak, cara menghitung dosis obat pada anak pdf, cara menghitung dosis obat sesuai umur dan berat badan, cara menghitung dosis obat pada anak berdasarkan berat badan, cara menghitung dosis obat injeksi pada anak, cara menghitung dosis obat sirup untuk bayi.

· Dosis lazim adalah dosis yang digunakan sebagai pedoman umum pengobatan (yang direkomendasikan dan sering digunakan) sifatnya tidak mengikat (biasanya diantara dosis mimimum efek dan dosis maksimum), sedangkan dosis maksimum adalah dosis yang terbesar yang masih boleh diberikan kepada pasien baik untuk pemakaian sekali maupun sehari tanpa membahayakan (berefek.

Berdasarkan berat badan Perhitungan dosis berdasarkan berat badan sebenarnya lebih tepat karna sesuai dengan kondisi pasien ketimbang umur yang terkadang tidak sesuai dengan berat badan, bila memungkinkan hitung dosis melalui berat badanAuthor: Aliffia Ridha.

· Setelah menghitung dosis dari obat tablet selanjutnya kita membahas menghitung dosis obat syrup, caranya menggunakan rumus dibawah ini.

Contoh: Dokter membuat resep ” Sanmol Forte syrup mg prn.4,5/5.

Menghitung dosis dengan berat badan
Rated 0/5 based on 9 review