Pada fase persiapan berat badan dalam tolak peluru berada di

Teknik menolak peluru Untuk menyiapkan kondisi fisik dapat dilakukan dengan cara seperti dibawah ini, a. Untuk menggunakan cara ini penolak harus memiliki jari jari yang kuat dan panjang. Pada waktu memegang dan meletakkan peluru pada bahu, usahakan agar seluruh badan dan tangan dalam keadaan lemas rileks.

Selanjutnya lutut kanan dan kiri ditekuk, hingga paha kanan hampir menyentuh bagian dada. Teknik tolak peluru ada empat macam, yaitu: Demikian informasi tentang teknik-teknik dasar tolak peluru dan penjelasannya.

Tangan kanan memegang peluru pada bahu pundaktangan kiri dibengkokkan, berada di depan sedikit agak serong ke atas lemas. Pandangan diarahkan kea rah sasaran tolakan. Pegang peluru menggunakan tangan kanan dengan teknik yang benar Letakkan peluru di batas leher dengan benar Letakkan lengan kiri di depan dada dan sedikit di tekuk Tumpuan berat badan ada pada kaki kanan dan badan agak dicondongkan ke arah kanan Ayunkan kaki kiri ke depan dan kebelakang Setelah mengayunkan kaki kiri sebagai gerakan awalan maka selanjutnya tekuklah sedikit kaki kanan lebih pendek Sewaktu melakukan ayunan kaki kiri dapat diarahkan ke arah kiri atau ke arah lemparan, barulah mendarat secepatnya dan bersamaan kaki kanan ditolakkan ke arah lemparan dan dilanjutkan dengan pendaratan.

Pegang peluru dengan tangan kanan menggunakan teknik memegang peluru yang benar Perletakkan peluru tentu dapat diletakkan dengan baik oleh tangan pemegang peluru Tempatkan peluru di garis pembatas antara leher dan bahu, saat membuka rentangkan lengan segaris dengan bahu.

2 Gaya Dalam Tolak Peluru

Tujuan tolak peluru adalah menolak sejauh-jauhnya untuk memperoleh prestasi yang optimal. Ayunkan kaki kiri ini untuk mendapat gerakkan pendahuluan, hanya untuk mendapatkan pendahuluan seperti kuda-kuda.

Bahu kiri dibuka ke depan dan bahu kanan diangkat dan diputar ke kiri, badan dibawa ke atas sedikit membusur dan gerakan ini didahului oleh gerakan putaran bagian bawah badan.

Pengertian Tolak Peluru Beserta Gaya dan Jenisnya

Saat seperti itu sikap posisi menolak seperti yang telah disebutkan diatas. Teknik menolak peluru 1. Menginjak garis lingkaran lapangan 8.

Selanjutnya tekuk tungkai penopang hingga kedua tungkai tertekuk dan posisi badan menjadi lebih rendah dan membungkuk ke depan. Perhatikan gambar peragaan di bawah ini! Pembelajaran Sikap Badan Saat Akan Menolak Cara melakukan sikap badan saat akan menolak peluru adalah sebagai berikut.

Teknik Sikap Badan pada Waktu akan Menolak Terdapat 2 teknik sikap badan pada waktu akan menolak, yaitu: Siku diangkat ke samping, sedikit serong ke depan.

Siku diangkat ke samping, sedikit serong ke depan. Bahu kiri dibuka ke depan dan bahu kanan diangkat dan diputar ke kiri, badan dibawa ke atas sedikit membusur dan gerakan ini didahului oleh gerakan putaran bagian bawah badan.

Fase persiapan, badan membelakangi sektor tolakan atau daerah tolakan, berat badan berada di atas tungkai kanan. Putarlah kaki kanan ke dalam selama meluncur. Badan condong ke samping kiri depan, dagu diangkat, pandangan ke arah jatuhnya peluru.

Selanjutnya tekuklah segera tungkai penopang hingga kedua tungkai tertekuk dan posisi badan menjadi lebih rendah dan membungkuk ke depan.

Peluru terjatuh di luar sektor lingkaran 7. Tangan kanan memegang peluru yang diletakkan di atas bahu kanan menempel pada rahang, sedangkan tangan kiri diangkat ditekuk di depan wajah kiri berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Teknik memegang peluru gaya membelakangi o'brien Ada 3 macam teknik memegang peluru, yaitu: Tolakan diselesaikan ketika bertumpu di tungkai kiri dalam keadaan lurus sambil tangan memberi dorongan terakhir pada peluru.

Pada saat ini hentikan laju badan ke depan melalui pergantian kaki, tungkai kiri bergerak ke belakang dan tungkai kanan bergerak ke depan, berat badan dipindahkan ke tungkai kanan dan badan ditutunkan ke arah bawah.

Keluar lewat depan garis lingkaran 9. Teknik meletakkan peluru pada bahu Peluru dipegang dengan salah satu cara di atas, letakkan peluru pada bahu dan menempel pada leher bagian samping. Lengan kiri diangkat santai hingga setinggi bahu atau lebih.

Pelihara kaki selalu rendah dan bertahan kuat-kuat. Gaya ortodok menyamping Berdiri tegak menyamping kea rah tolakan, kedua kaki dibuka lebar kangkangkaki kiri lurus ke depan, kaki kanan dibengkokkan ke depan, sedikit serong ke samping kanan, berat badan berada pada kaki kanan, dan badan agak condong ke samping kanan.Sebutkan fase-fase dalam tolak peluru - 1.

Masuk Daftar 1. Masuk Daftar Sekolah Menengah Pertama. Penjaskes. rizwanseptiawan Si Hebat; 1. Fase Persiapan Mengambil posisi dengan membelakangi arah daerah lemparan dan berat badan berada di atas tungkai kanan. Sambil merendahkan badan, angkatlah tumit dari tungkai penopang, sementara.

Feb 10,  · Fase persiapan, badan membelakangi sektor tolakan atau daerah tolakan, berat badan berada di atas tungkai vsfmorocco.com merendahkan badan, angkat tumit dari tungkai penopang, sementara tungkai belakang di angkat sedikit ke belakang atas. Selanjutnya tekuk tungkai penopang hingga kedua tungkai tertekuk dan posisi badan menjadi lebih rendah dan membungkuk ke depan.

Tolak peluru adalah salah satu olahraga atletik yang sering dipertandingkan dalam tingkat nasional ataupun internasional. Olahraga tolak peluru adalah olahraga yang dilakukan dengan cara menolak peluru sejauh mungkin agar dapat memperoleh hasil lemparan sejauh-jauhnya.

· Dari rangkaian gambar tolak peluru gaya O’Brien di atas, Fase persiapan terjadi pada frame 1 sampai dengan frame Fase ini berlangsung lambat.

Pada fase persiapan ini kecepatan bagian anggota badan tidak terlalu penting, sebab gerakan-gerakan hanya bertujuan untuk memantapkan kesetimbangan tubuh. Fase Gerakan dimulai dari frame 13 sampai frame Sedangkan Fase.

Tolak peluru merupakan diantara dari banyak cabang olahraga atletik. Bola besi yang berat harus dilemparkan oleh atlet tolak peluru dengan sejauh mungkin.

Peluru yang berbentuk bola besi ini adalah alat utama dalam bidang olahraga ini, yakni sebuah besi bulat berbentuk bola. Peluru besi berbentuk bola tersebut dilemparkan dengan cara di tolakkan ke arah tujuan.

· Berdiri tegak menyamping kea rah tolakan, kedua kaki dibuka lebar (kangkang), kaki kiri lurus ke depan, kaki kanan dibengkokkan ke depan, sedikit serong ke samping kanan, berat badan berada pada kaki kanan, dan badan agak condong ke samping kanan.

Tangan kanan memegang peluru pada bahu (pundak), tangan kiri dibengkokkan, berada di depan sedikit agak serong ke atas .

Pada fase persiapan berat badan dalam tolak peluru berada di
Rated 4/5 based on 74 review