Tabel distribusi frekuensi berat badan

Hanum M, ; 2. Dan mahasiswa dapat mengaplikasikannya dalam beberapa hal, salah satunya dalam proses pembelajaran serta di dunia kerja yang akan dijalani. Untuk mengetahui hal-hal diatas, perlu diadakan penilaian dengan statistika.

Agar diperoleh hasil yang berlaku secara umum maka dalam pengambilan sampel, diusahakan agar sampel dapat mewakili populasi.

Penyakit terjadi karena kuman Clostridium tetani memasuki tubuh bayi lahir melalui tali pusat yang kurang terawat. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh data berikut ini.

Imunisasi hepatitis B, yang diberikan tiga kali pada bayi usia bulan, dengan interval minimal 4 minggu. Poligon Frekuensi Berdasarkan contoh di atas dapat dibuat poligon frekuensinya seperti gambar berikut ini.

Banyak kelas harus merupakan bilangan bulat positif hasil pembulatan.

Cara Penyajian Data dalam Bentuk Tabel dan Contoh Tabel Distribusi Frekuensi

Histogram merupakan diagram balok, karena frekuensi disajikan dalam bentuk balok. Dari contoh diatas: Vaksin polio.

Dari persoalan diatas, dapat dibuat interval — interval kelas sebagai berikut. Kebanyakan dari imunisasi adalah untuk memberi perlindungan menyeluruh terhadap penyakit-penyakit yang berbahaya dan sering terjadi pada tahun-tahun awal kehidupan seorang anak.

Cara untuk membuat kategori yang baik: Tabel ini disajikan untuk memberikan gambaran hasil penelitian. Diagram garis biasanya digunakan untuk menggambarkan data tentang m keadaan yang berkesinambungan sekumpulan data kontinu.

Vaksin yang sudah dilarutkan harus digunakan sebelum lewat 3 jam. Interval kategori atau kelas adalah batas bawah dan batas atas dari suatu kategori. Skala data Skala adalah suatu cirri pada besaran atau variable yang memungkinkan untuk dinyatakan dengan bentuk bilangan.

Jenis-jenis distribusi frekuensi Distribusi frekuensi tunggal merupakan urutan tiap-tiap skor, satuan-satuan unit dalam suatu data tertentu.

HASIL KEGIATAN

Histogram dan Poligon Frekuensi Histogram merupakan diagram frekuensi bertangga yang bentuknya seperti diagram batang. Untuk Negara: Langkah-langkah untuk membuat diagram lingkaran adalah sebagai berikut.

Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagian-bagian atau persen dari keseluruhan. Apakah pengertian dari tabel distribusi frekuensi? Ogif dari frekuensi kumulatif lebih dari disebut ogif negatif. Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Kerapkali data yang disajikan dalam bentuk tabel sulit untuk dipahami.

Interval atau panjang kelas adalah bebas, kelas dapat berinterval 3, 5, 10, dsb. Langkah-langkah untuk membuat diagram lingkaran adalah sebagai berikut.

Frekuensi Relatif dan Kumulatif Frekuensi yang dimiliki setiap kelas pada tabel distribusi frekuensi bersifat mutlak. Bagian yang diambil dari populasi tersebut dinamakan sampel. Statistik deskriptif memberikan bantuan pemecahan dengan membuat distribusi frekuensi, yaitu mengelompokkan data ataau perusahaan dalam beberapa kategori, sehingga data menjadi informatif dan mudah dipahami.Dari 60 responden sebanyak 35 siswa (%) bisa menyebutkan makanan sumber vitamin A.

Distribusi frekuensi responden mengenai diskripsi makanan sumber vitamin A dapat dilihat pada tabel 4. Tabel 4. Distribusi frekuensi responden mengenai sumber vitamin A. Analisa yang digunakan dengan menjabarkan secara distribusi frekuensi variabel-variabel yang diteliti, baik variabel dependent (bebas) maupun variabel independent (tergantung).

Langkah - Langkah Membuat Tabel Distribusi Frekuensi

Untuk analisa ini semua variabel dibuat dalam bentuk proporsi pada tabel dengan menggunakan skala ordinal dan likert. Contoh: umur siswa kelas 3 SMP, berat badan siswa kelas 3 SMP dan lain-lain.

Data kuantitatif, yaitu data yang berhubungan dengan kategori/karakteristik. Tabel distribusi frekuensi adalah salah satu bentuk penyajian data.

Tabel distribusi frekuensi dibuat agar data yang telah dikumpulkan dalam jumlah yang sangat banyak dapat disajikan dalam bentuk yang jelas dan baik.

Contoh Soal Tabel Distribusi Frekuensi Diketahui data berat badan (dalam kg) 30 balita di sebuah kelurahan adalah sebagai berikut. Dua kelompok anak, yang masing-masingnya terdiri dari 4 anak, mempunyai rata-rata berat badan 30 kg dan 33 kg.

Kalau seorang anak dari masing-masing kelompok ditukarkan, ternyata rata-rata berat badan menjadi sama. Tentukan selisih berat badan kedua anak yang ditukar. Tabel distribusi frekuensi relative adalah sebuah table yang berisi nilai-nilai data, dengan nilai-nilai tersebut dikelompokkan ke dalam interval-interrval dan setiap interval nilai masing-masing mempunyai frekuensinya dalam bentuk persentase.

Menyajikan Data dengan Tabel
Tabel distribusi frekuensi berat badan
Rated 0/5 based on 46 review